Jokowi: Negara Ini Majemuk, Saya Ajak Semua Saling Menghormati

Jakarta – Presiden Joko Widodo kembali menegaskan pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama. Masyarakat harus saling menghormati.

“Sekali lagi saya sampaikan negara ini negara yang majemuk. Negara kita yang beragam. Maka dari itu saya mengajak semua saling menghormati, saling menghargai,” ujar Jokowi usai meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari di Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (15/4/2017).

Mengenai Masjid Hasyim Asy’ari, Jokowi menyebut kegiatan ibadah dan keagamaan harus didukung dan diberikan ruang. Jokowi berharap masjid raya seperti Masjid KH Hasyim Asy’ari didirikan di wilayah lain Jakarta.

“Saya mendukung penuh gubernur provinsi DKI Jakarta yang akan terus membangun tempat-tempat ibadah seperti ini sehingga masjid raya tidak hanya di Jakarta Barat, nanti ada di Jaksel, Jakarta Timur, karena yang utara sudah ada Islamic Center,” imbuhnya.

Jokowi dalam sambutan peresmian masjid, menegaskan peran penting KH Hasyim Asy’ari yang meletakkan pondasi agama yang moderat. Jokowi berharap keteladanan KH Hasyim Asy’ari dapat dicontoh.

“Kita perlu meneladani jasa-jasa Beliau dalam nilai-nilai ke-Islaman ke-Indonesiaan, nilai keagamaan yang sesuai dengan sesuai prinsip Islam rahmatan lil ‘alamin relevan dengan fakta bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk yang plural, negara yang beragam. Masjid ini menjadi simbol ke-Islaman yang ramah, ke-Islaman yang moderat yang menjadi pilar keberagaman kota Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” sambung Jokowi.

Peletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari dilakukan oleh Jokowi saat masih menjadi gubernur DKI Jakarta pada 26 September 2014. Masjid dibangun di atas lahan milik Pemprov DKI seluas 2,4 hektare untuk area masjid dengan 2 lantai.

Masjid yang menelan anggaran pembangunan Rp 164 miliar itu dirancang dengan nuansa ornamen Betawi. Selain ornamen Betawi, masjid juga dibangun dengan konsep lima menara yang melambangkan rukun Islam.

Masjid yang dapat menampung 12.500 hingga 13.000 jemaah ini juga mengusung konsep keterbukaan, keragaman, kebersamaan dan relijius. Selain itu, kawasan masjid juga mengusung konsep Green Building atau ramah lingkungan dalam pembangunannya.

Ham

Sumber, news.detik.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *